August 21

INTERNET & NETWORK

1.SEJARAH INTERNET

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun1969, melalui proyek ARPAyang disebutARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardwaredan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

 

  1. KONEKSI INTERNET BROADBAND

Apa yang dimaksud dengan Broadband Internet Connection Broadband dalam arti harfiah, berarti berbagai frekuensi yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Sebelumnya, mengakses internet adalah proses yang sangat lambat karena koneksi dial-up.

Dial-up connection merupakan cara yang murah mengakses internet, karena biaya adalah sama dengan panggilan telepon lokal. Rencana bulanan sebuah koneksi dial-up juga mirip dengan yang telepon. Namun, kecepatan koneksi dial-up terlalu lamban dan telepon tetap sibuk saat mengakses internet. Faktor-faktor ini telah membuat koneksi internet broadband metode yang disukai untuk akses internet. Istilah, broadband dalam ‘koneksi internet broadband’, mengacu pada bandwidth dari koneksi internet.

Definisi teknis bandwidth menyatakan bahwa, itu adalah rentang frekuensi. Istilah bandwidth umumnya digunakan untuk merujuk pada kecepatan transfer data, dalam hal jaringan komputer dan koneksi internet. Kecepatan transfer data yang biasanya diukur dalam bit per detik (bps). Dalam koneksi internet broadband, kecepatan transfer yang sangat tinggi dibandingkan dengan dial-up koneksi internet. Ada berbagai jenis koneksi internet broadband, tergantung pada biaya, kecepatan dan ketersediaan. Ini adalah sebagai berikut:

ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)

ADSL adalah yang paling umum digunakan koneksi internet broadband. Secara luas digunakan untuk perumahan dan komersial. ADSL adalah garis digital yang dapat digunakan untuk mengakses internet tanpa menggangu saluran telepon Anda . ADSL bekerja pada kecepatan 512 kbps atau lebih tinggi. ADSL memungkinkan kecepatan tinggi koneksi internet tanpa saluran telepon Anda tetap sibuk. Kecepatan proses download lebih besar daripada kecepatan upload, dalam kasus sambungan ADSL. Hal ini disebut ‘asimetris’ karena perbedaan ini dalam kecepatan download dan upload.

 
SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line

SDSL sama dengan ADSL, hanya berbeda dalam satu aspek, yaitu kecepatan upload. Para koneksi internet broadband SDSL dicirikan oleh identik kecepatan upload dan download. Hal ini bermanfaat untuk tujuan bisnis komersial dan sebagai kecepatan upload yang diperlukan adalah tinggi, dan koneksi SDSL memenuhi persyaratan ini. Hal ini lebih mahal dibandingkan ADSL, tetapi sepadan dengan biaya ketika bisnis dan keuntungan komersial dipertimbangkan.


Wireless Broadband Internet Connection

Koneksi internet nirkabel adalah kneksi yang kita butuhkan sekarang ini  laptop, palmtop dan ponsel, semua memiliki koneksi internet nirkabel. Kecepatan proses download yang disediakan oleh jenis teknologi akses Internet broadband berkisar dari 128 kbps sampai 2 Mbps.

 

Cable Broadband Internet Connectio

internet dapat diakses melalui sambungan TV kabel. TV kabel digunakan oleh hampir semua orang dan sekarang koneksi internet juga dibuat tersedia bersama-sama dengan saluran TV kabel. Kabel koneksi internet broadband menyediakan kecepatan mulai dari 2 Mbps hingga 8 Mbps. Sambungan secara luas digunakan di wilayah pemukiman. Hal ini lebih populer dibandingkan dengan koneksi internet ADSL, meskipun kecepatan download dan upload dari kedua jenis sambungan internet broadband yang sama


Satellite Broadband Internet Connection

Semua bentuk koneksi internet broadband yang dijelaskan di atas memiliki keterbatasan daerah, yaitu daerah yang yang  kemungkinan menghalangi pancaran sinyal dari  menara seperti pada daerah perkotaan atau pegunungan.
Satelit koneksi internet broadband adalah solusi untuk masalah ini. Dalam jenis koneksi internet, yang geostasioner satelit menyediakan akses internet. Memerlukan parabola dan perangkat keras pendukung lainnya yang diperlukan untuk menerima sinyal. Kecepatan yang ditawarkan oleh koneksi internet satelit adalah 2 Mbps untuk download dan 1 Mbps untuk upload. Kecepatan ini lebih sedikit dibandingkan dengan jenis koneksi internet broadband dan cuaca mempengaruhi sinyal untuk sebagian besar.

 


Fiber Optic Broadband Internet Connection
Teknologi serat optik adalah teknologi yang relatif baru yang mengubah sinyal listrik ke sinyal cahaya. Sinyal ini ditransfer melalui kabel fiber optik. Ini adalah bentuk yang dapat diandalkan koneksi internet, tetapi dapat biaya perumahan penghalang bagi konsumen. Hari ini, berbagai bentuk Internet broadband menyediakan cakupan dan mobilitas terbatas pilihan. Teknologi ini berkembang dengan cepat untuk memenuhi persyaratan kecepatan dan kualitas layanan.

 

 

  1. TUJUAN ALAMAT IP DAN HUBUNGANNYA DENGAN NAMA DOMAIN

Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringanInternet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

Domain  adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat IP dari sebuah server komputer. Alamat IP sendiri merupakan sebuah susunan angka yang terdiri dari beberapa digit angka, misalnya alamat IP 66.220.156.68 (pada saat artikel ini dibuat) adalah alamat dari server komputer Facebook.com

Jadi fungsi dari nama domain adalah untuk mempermudah pengunjung dalam mengakses dan mengingat alamat website Anda tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Selain itu, apabila sewaktu-waktu Anda harus mengubah alamat IP website Anda untuk keperluan tertentu (misalnya pindah server komputer), maka Anda tidak perlu susah-susah memberitahu ke pengunjung alamat IP baru Anda, karena yang mereka perlukan hanyalah sebuah nama domain untuk bisa akses ke website Anda.

 

  1. FITUR DARI BROWSER DAN IDENTIFIKASI KOMPONEN ALAMAT WEB

    1. Google Chrome

Web Browser buatan Google ini mulai banyak digunakan oleh pencinta   internet, Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Google Chrome membutuhkan memory yang lebih sedikit dibandingkan dengan Mozila Firefox dan ukuran aplikasinya lebih kecil.

Fitur-Fitur yang ada :

  1. Drag and Drop Download, dapat dengan mudah menyeret download file dari chrome ke dekstop atau folder lain dikomputer.
  2. Resources Page, bagian ini berguna untuk webmaster dan siapa saja yang memiliki situs dan ingin tahu seberapa cepat situsnya di browser.
  3. Task Manager, untuk melihat sumber daya memori dan CPU yang dikonsumsi oleh setiap tab.
  4. Perhitungan cepat dari Addres Bar, dapat melakukan perhitungan dengan mengetikkan angka di address bar, seperti kalkulator, misalnya kiat ketikkan 12*5 dan tunggu sebentar maka akan muncul hasilnya

    2. Internet Explorer (IE)

IE adalah Web Browser bawaan dari Windows, ketika kita menginstall Windows kita langsung mendapatkan Internet Explorer langsung pada komputer kita, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft.

 

Fitur-fitur yang ada :

  1. Hardware Acceleration, fitur ini akan membantu ketika Anda sedang membuka website yang megandung konten grafis yang berat
  2. Add-on Performance Advisor, fitur satu ini memungkinkan Anda untuk menonaktifkan atau menghapus add on yang menurut Anda tidak perlu.
  3. Enhanced Tabs, fitur ini memungkinkan Anda memindahkan tab antar jendela dengan melepasnya dari tab bar dan memindahkannya ke jendela lain, dan halaman yang Anda buka masih tetap akan berjalan ketika tabnya Anda pindahkan.
  4. Internet Explorer 9 menggunakan Bing sebagai search engine-nya.
  5. Download Manager, untuk membuat daftar tentang file yang kita unduh dari internet. Anda pun memungkinkan untuk melakukan jeda pada file yang akan Anda unduh, bahkan Download Manager ini pun memberikan peringatan kepada Anda jika file yang Anda unduh ini mengandung file yang berbahaya.
  6. Pin to Task salah satu keunggulan Internet Explorer adalah kemampuannya menyematkan alamat web ke dalam taskbar desktop Anda. Hal ini hanya berlaku untuk sistem operasi Windows 7 saja. Jadi jika Anda sering mengunjungi website tersebut, Anda bisa menggesernya ke dalam taskbar, dan Anda hanya perlu menekan ikon yang berada pada taskbar Anda untuk mengunjungi situs Anda tersebut, dan Anda bisa melihat pengaturan atau berita terkini tentang situs Anda hanya dengan menekan klik kanan pada mouse pada ikon tersebut.
  7. All in One Box, untuk melakukan pencarian web. Perbedaannya hanya terdapat pada search engine, jika Google Chrome menggunakan Google sebagai mesin pencarinya, maka Internet Explorer 9 menggunakan Bing sebagai search engine-nya.

 

  1. Opera

Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera browser juga menyediakan browser untuk perangkat mobile yang disebut juga operamini dan operamobile.

Fitur-fitur yang ada :

  1. Tab stacking adalah fitur baru dimana anda bisa mengumpulkan banyak tab didalam  sebuah tab. Ini sangat memudahkan anda yang akan  membuka banyak tab dan mengumpulkannya berdasarkan kategori tertentu, misalkan saja news anda kumpulkan dalam 1 tab dan social network juga anda kumpulkan dalam 1 tab sendiri.
  2. Mouse gesture, untuk memudahkan anda dalam mengendalikan browser secara cepat menggunakan gerakan mouse. Caranya sangat mudah sekali.cukup tahan dan tekan tombol kanan mouse anda dibrowser untuk mengetahui semua perintah mouse gesture yang bisa anda manfaatkan.
  3. Opera turbo,fitur ini penting ketika anda menggunakan koneksi dengan kecepatan yang lambat (wifi umum, dsb) ini juga bisa anda gunakan untuk menghemet biaya jika anda sedang menggunakan koneksi internet dengan biaya volume based.
  4. Opera link, untuk mensinkronisasikan data personalisasi opera seperti speed dial, bookmark, notes,dan data lainnya antara browser opera dikomputer anda dan browser opera didevise anda( opera mobile,opera mini, dll)
  5. Password manager, untuk memudahkan anda dalam mengisi username dan password. Anda cukup menyimpan password dan user name tersebut saat pertama kali mengakses website. Dan selanjutnya opera akan otomatis mengisikannya untuk anda.
  1. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Web Browser berlogo kucing api ini menjadi pilihan untuk banyak pengguna internet diseluruh dunia.

Fitur-Fitur yang ada :

  1. Sync, fitur untuk mensinkronisasi data di browser seperti setting,  add-on, thema dan bookmarks dengan cara data-data tersebut di simpan di server kemudian ketika kita pindah computer atau memakai browser tersebut ditempat lain, kita bias mensingkronkannya dengan browser lama kita
  2. Inspektur Page View 3D
  3. CSS text-size-adjust
  4. Style Editor CSS
  5. Firefox Notification

 

Komponen Dasar Alamat web

  1. Title

Title adalah judul atau nama dari sebuah halaman web. Letaknya di titlebar browser.

  1. Nama Domain

Nama domain adalah nama alias dari sebuah website. Domain digunakan agar manusia mudah untuk mengingat nama sebuah website. Kadangkala nama domain juga mewakili nama sendiri, nama brand, produk maupun perusahaan.

Contoh nama domain adalah www.syakirurohman.net yang merupakan nama domain blog ini.

  1. Alamat URL

URL singkatan dari Uniform Resource Locator. Jika sebuah halaman web kita diibaratkan dengan rumah, maka URL ini adalah alamat lengkap rumah kita. Letaknya ada di addressbar browser. Setiap Halaman web memiliki url yang unik dan berbeda. Format URL bermacam-macam. Namun, semuanya selalu diawali dengan nama domain website atau blog tersebut.

  1. Link/tautan

Jika kita ibaratkan lagi bahwa sebuah halaman web adalah rumah, maka link atau tautan ini adalah pintu/gerbang/lorong yang menuju ke halaman lain baik itu yang masih satu web maupun halaman di web yang berbeda.
Contoh Link :

Ini adalah link untuk kehalaman utama(syakirurohman.net), silahkan klik

Pengarahan link diatur dalam kode html <a href=”alamat url halaman website tujuan”>Anchor teks/ Teks yang dilink</a>.

  1. Header

Header adalah bagian atas dari sebuah website. Biasanya berisi nama situs, logo dan deskripsinya. Header berfungsi untuk menampilkan identitas utama dari sebuah situs.
Contoh Header :

  1. Konten/Isi

Konten atau isi sebuah situs berupa informasi dan artikel yang biasanya terletak dibagian tengah. Artikel yang sedang anda baca ini juga adalah bagian dari konten. Konten adalah bagian terpenting dari sebuah blog maupun website. Konten di halaman utama sebuah blog biasanya adalah daftar posting seperti pada gambar.

 

  1. PENCARIAN YANG EFEKTIF DI WEB

 

  1. Gunakan kata kunci yang spesifik
    Ketika melakukan pencarian melalui Google hindari menggunakan kata-kata yang terlalu umum. Gunakanlah kata kunci yang lebih spesifik karena Google adalah sebuah mesin yang tidak mungkin bisa memahami kebutuhan informasi yang diinginkan oleh masing-masing orang.

    Sebagai contoh ketika Anda sedang mencari informasi tentang Sejarah Komputer, maka jangan lupa untuk mengetikkan kata kunci “Sejarah Komputer” di Google. Sebaliknya jika Anda hanya mengetikkan komputer di Google, maka kemungkinan besar hasil yang Anda dapatkan tidak akan sesuai dengan harapan.

    2. Gunakan kata kunci yang lebih bervariasi
    Jika Anda belum menemukan informasi yang ingin Anda dapatkan meski telah menggunakan kata kunci yang lebih spesiifk, mencoba dengan kata kunci yang lebih bervariasi tentu merupakan langkah yang patut untuk dicoba. Bagaimanapun seluruh informasi di internet pada dasarnya berasal dari manusia yang tentu saja diungkapkan dalam beragam cara dan bahasa.

    Oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda menggunakan kata kunci yang lebih bervariasi dalam mencari informasi dari internet. Sebagai contoh ketika Anda mengetikkan kata “LTE concept” dan tidak mendapatkan informasi yang memuaskan, maka mencoba mencari dengan kata kunci “LTE tutorial” tentu bisa Anda lakukan sebagai sebuah alternatif.

    3.  Gunakan kalimat tanya
    Selain mencari informasi dengan menggunakan kata kunci, mencari tahu dengan menggunakan kalimat tanya juga dapat Anda pakai sebagai alternatif. Sebagai contoh ketika Anda ingin menemukan informasi soal DLNA, Anda dapat menggunakan kalimat tanya “apa itu DLNA?”.Hasilnya dengan memakai kalimat tanya seperti iniselain lebih relevan, pertanyaan anda juga dapat langsung terjawab bukan?

    4. Gunakan “tanda kutip”
    Bila suatu saat Anda menggunakan Google untuk mencari informasi tentang ponsel dengan fitur DLNA dengan mengetikkan “DLNA enabled phone” hasil yang Anda dapatkan belum tentu berkaitan dengan merek dan model ponsel yang telah mendukung konektivitas DLNA.

    Nah agar hasil pencarian yang Anda inginkan lebih relevan, gunakan saja salah satu trik google yaitu tanda kutip menjadi “DLNA Enabled Phone”. Dengan cara seperti ini, Google akan menghapus hasil pencarian yang tidak berkaitan dengan topik yang dicari.

    5. Gunakan tanda plus (+) dan Min (-)

  • Tanda (+)
    untuk menambahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi. misalkan “kematian tokoh manga” (ingat pakai tanda kutip) lalu khusus untuk tokoh naruto saja . Maka cukup anda tulis di “kematian tokoh manga” +naruto. Hasilnya selain mencari keyword “kematian tokoh manga” google juga akan menempatkan hasil pencarian teratas jika ada keyword “naruto”.
  • Tanda (-)
    Tentu saja digunakan untuk mengurangi hasil pencarian. Lalu apa gunanya? kenapa kita harus mengurangi hasil pencarian.Ini dikarenakan google mengindex semua halaman yang dianggapnya penting. Tidak peduli apakah itu sebenarnya hanya iklan, berita, bookmarking dsb.

Coba anda bayangkan kita akan mencari soal psikotes. tapi yang muncul hanya iklan dari orang yang menjual soal psikotes. Maka dari itu dan oleh karena itu kita gunakan tanda – untuk menghilangkan iklan. Menjadi “soal psikotes” -iklan.

Bisa juga anda menggunakan google supaya tidak mencari di situs tertentu. Terutama situs iklan baris atau situs bookmarking semacam digg.com atau lintasberita.com. contohnya “soal psikotes” – site:lintasberita.com

6. Informasi di internet itu bukan hanya website (file html)
Informasi di internet bukan hanya website ada beragam file semacam pdf, doc(ms word) bahkan flv (file video seperti di youtube). Caranya tinggal tambahkan kode filetype:”tipe “.

Misalnya ingin mencari soal psikotes dalam bentuk file pdf, Ya tinggal ketikkan saja “soal psikotes” filetype:pdf. Untuk melihat apa saja kode file yang didukung google bisa dilihat di google advanced

 

  1. MANFAAT DAN RESIKO MENGGUNAKAN JEJARING SOSIAL

Dampak Positif

  • Sebagai tempat promosi Dengan banyaknya orang yang menggunakan jejaring sosial, membuka kesempatan kita untuk mempromosikan produk/jasa yang kita tawarkan
  • Ajang memperbanyak teman, Dapat menambah teman baru maupun relasi bisnis dengan mudah
  • Sebagai media komunikasi, Mempermudah komunikasi kita dengan orang-orang, baik dalam maupun luar negeri Tempat mencari informasi, Banyak juga instansi pencari berita yang menggunakan media sosial sebagai media penyeberannya
  • Tempat berbagi, Dengan fitur yanga ada pada media sosial kita dapat dengan mudah saling bertukar data baik berupa foto, dokumen, maupun pesan suara

Dampak Negatif

  • Munculnya tindak kejahatan, Banyak juga orang yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk melakukan kejahatan seperti contohnya penculikan dan penipuan
  • Mengganggu hubungan antar pasangan, Media sosial juga dapat memicu kecemburuan antar pasangan jika memang pasangan itu berhubungan yang tidak wajar dengan orang lain
  • Menimbulkan sifat candu, Media sosial juga dapat menimbulkan candu yang dapat mengakibatkan sifat penggunanya menjadi autis atau lebih menutup diri pada kehidupan sekitar
  • Berkurangnya Produktifitas. Berkurangnya produktivitas adalah alasan paling umum yang dilontarkan pihak manajemen untuk memblokir akses ke situs jaringan sosial. Seperti yang pernah diberitakan BBC News, Dewan Kota Portsmouth di Inggris melarang akses ke Facebook, Twitter, dan sejenisnya. setelah menemukan bahwa para pegawai menghabiskan hampir 400 jam sebulan di Facebook. Ini menunjukkan banyak gaji terbuang, dan membuat wajib pajak marah. Demi kealasan keamanan nasional, Korps Marinir AS juga membuat keputusan yang sama sehubungan dengan Facebook. Dari beberapa pegawai yang diwawancarai Nucleus Reserch, ditemukan bahwa 77 persen pegawai yang memiliki account Facebook, 61% mengunjunginya selagi ditempat kerja selama rata-rata 15 menit per hari, yang mengakibatkan berkurangnya produktivitas 1,47% dari seluruh populasi pegawai.
  • Malware, Pencurian Identitas dan Kebocoran Data. Situs jejaring sosial bisa menjadi “kendaraan” pengirim malware dan spyware yang diam-diam ditanamkan cybercriminal. Program-program berbahaya ini dapat menyebar keseluruh jaringan internal perusahaan, dan pada akhirnya mendatangkan malapetaka bagi perusahaan. Dengan menghancurkan atau menonaktifkan sistem dan data yang dibutuhkan pegawai untuk melakukan pekerjaan mereka, malware dapat memberi dampak yang luar biasa terhadap produktivitas, disamping “membuang-buang waktu” bagian TI. Malware dan spyware juga dapat memborbardir jaringan internal dengan spam, serangan pishing, dan mencuri nama user dan password. Selain itu, waktu yang dibutuhkan bagian IT untuk melawan malware dan serangan spyware bisa sangat mahal.
  • Membahayakan Rahasia Perusahaan. Para cybercriminal seringkali tidak perlu spyware canggih untuk mendapatkan informasi rahasia perusahaan. Para pengguna jaringan sosial yang naif seringkali lebih terbuka tentang informasi pribadi atau rahasia di situs jejaring sosial. Meskipun pengguna Facebok dapat membatasi halaman mereka ke sejumlah teman-teman saja, banyak pengguna yang membuka profil mereka ke publik dan berteman dengan orang yang tidak dikenal, termasuk kolega tidak dikenal yang mengaku bagian dari perusahaan yang sama ( terutama di perusahaan besar , dimana kita tidak bisa mengenal semuanya).
  • Konsumsi Bandwith. Video, media streaming lainnya dan download lain dari situs media sosial, seperti YouTube, MySpace, dan Flicker dapat mengonsumsi sejumlah besar bandwith. Ketika pegawai sibuk mendownload video misalnya, aplikasi bisnis penting bisa menjadi sangat lambat. Jika perusahaan tidak membatasi akses ke situs-situs tersebut, mereka akan mengalami penurunan produktivitas atau menambah investasi dengan menambah bandwith.

 

 

SUMBER:

http://www.devaradise.com/id/2013/12/mengetahui-fungsi-elemen-komponen-widget-pada-website.html

http://nusindo.co.id/dampak-positif-dan-negatif-menggunakan-sosial-media/

http://www.buzzle.com/

http://www.transiskom.com/2015/07/tips-trik-pencarian-di-google-yang.html

www.wikipedia.org

http://belajarbisnisinternet.com/pengertian-domain-hosting-serta-hubungan-antara-keduanya/

www.kompasiana.com

 

 

 

 

 

 

 



Copyright 2017. All rights reserved.

Posted August 21, 2016 by hamdan.akbar in category "Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *