September 11

Digital Storage

Hasil gambar untuk digital storage

Apa itu cloude storage?

Hasil gambar untuk bertanya tanyaCloud Storage adalah sebuah teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan adanya server virtual sebagai media penyimpanan. Tidak seperti media penyimpanan perangkat keras pada umumnya seperti CD atau hard disk, teknologi Cloud Storage tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun. Yang anda perlukan untuk mengakses file digital anda hanyalah perangkat komputer atau gadget yang telah dilengkapi layanan internet.

Mengenai istilah Cloud Storage yang tersemat untuk media penyimpanan online tersebut  dapat diartikan dari dua kata penyusunnya, Cloud dan Storage. Cloud yang dalam bahasa Indonesia berarti awan merupakan sebuah ibarat kata dari Internet. Sedangkan kata Storage memiliki arti penyimpanan atau media penyimpanan, dalam hal ini yang dapat disimpan adalah data-data digital mulai dari data tertulis, audio, visual hingga program atau pun aplikasi digital. Jadi secara umum Cloud Storage dapat diartikan sebagai teknologi yang menggunakan internet sebagai media penyimpanan data-data digital yang kita miliki

Hasil gambar untuk macam cloud storage

Kelebihan dan kekurangan cloud storage

Kelebihan :

  1. Yang pertama adalah mengenai sisi Skalabilitas, maksudnya adalah penggunaan Cloud Storage dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna itu sendiri. Dengan penambahan perangkat keras, sebuah penyedia layanan Cloud Storage bisa meningkatkan daya tampung datanya. Dan bagi para pengguna tentunya menjadi pilihan yang lebih baik dan efektif dengan menyesuaikan kapasitas Cloud Storage yang diperlukan.
  2. Hasil gambar untuk akses lewat smartphoneYang kedua adalah dalam hal aksesibiltas, maksudnya adalah kemudahan ketika anda ingin menggunakan layanan tersebut. Dengan adanya teknologi Cloud Storage, anda bisa dengan mudah mengunduh, membuka atau melakukan editing terhadap data yang telah tersimpan kapanpun dan dimanapun selama perangkat anda masih terkoneksi internet. Hal ini menjadi opsi yang sangat penting bagi para pengguna layanan Cloud Storage terutama bagi perusahaan yang membutuhkan bisa mengakses data yang diperlukan dengan lebih mudah dan cepat.
  3. Bisa diakses dimana saja. Kamu tidak perlu lagi membawa hard disk eksternal kemana-mana karena semua data yang kamu miliki sudah tersimpan rapi secara online di internet. Saat kamu membutuhkannya, tinggal buka dan unduh saja. Kamu juga bisa melakukan editing pada file yang kamu simpan.
  4. Tidak memakan tempat. Karena bersifat virtual, penyimpanan cloud tidak membutuhkan media fisik seperti CD, flashdisk atau hard disk. Selain itu kasus rusak atau kehilangan media penyimpanan bisa diminimalisir dengan menggunakan penyimpanan online.
  5. Kolaborasi. Berkolaborasi di sini diartikan sebagai bekerja secara bersama-sama, di lingkungan perkantoran, cloud storage dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk berkolaborasi antar sesama karyawan dimana dpt memanfaatkan cloud storage untuk saling bertukar pikiran dan ide. Sehingga, pekerjaan yang dilakukan dapat lebih efektif dan cepat selesai.
  6. Hasil gambar untuk back up dataBack-up data. Dengan mengunggah data-data penting kita ke layanan cloud storage, kita tidak perlu khawatir lagi kehilangan data-data penting yang kita miliki apabila suatu saat terjadi kerusakan pada pc atau leptop kita, atau saat komputer kita terserang virus sehingga data datanya hilang, kita tidak merasa khawatir lagi karena semua data telah di back-up di cloud storage. Sangat berguna bagi para eksekutif kantoran, mahasiswa (bahan-bahan skripsi hilang adalah kasus yang paling sering terjadi), maupun pelajar yang masih sekolah.
  7. Hasil gambar untuk shareAlat Berbagi. Layanan cloud storage dapat kita gunakan untuk membagi file yang kita punya kepada orang lain. Fungsi yang sering kita temui di layanan file sharing seperti Mediafire maupun 4shared ini juga dapat dijumpai di cloud storage. Kelebihan nya lagi, cloud storage memiliki fungsi auto-synchronize yang tidak dimiliki oleh layanan file sharing sehingga kita tidak perlu repot-repot menggunggah file yang akan disebarkan.

Kelemahan :

  • Hasil gambar untuk keamanan dataKeamanan. Setiap akun dilindungi oleh password yang bisa saja diketahui orang lain jika kita tidak berhati-hati. Walaupun kita sudah begitu berhati-hati tetap tak menutup kemungkinan akun kita dibuka orang lain.
    • Hasil gambar untuk maintenanceSering terjadi down system, hal hal yang terjadi pada komputer server entah itu rusak atau sedang maintenance, sehingga jika kita sedang butuh sekali untuk mengakses data tersebut namun server sedang down maka kita tidak akan bisa mengakses file kita yang berada di cloud.
  • Hasil gambar untuk terhubung internetHarus selalu terhubung dengan koneksi internet jika kita ingin mengaksesnya. Hal ini bisa jadi penghambat bagi mahasiswa yang sedang KKN di daerah terpencil yang tidak memiliki koneski internet.
  • Tidak terlalu praktis jika kita gunakan dan dan akan di berikan kepada orang lain yang berada di dekat kita, kita harus mengakses internet terlebih dahulu lalu membuka cloud. Setelah itu orang yang ingin di beri harus mengunduhnya terlebih dahulu. Kalau ukuran kecil ya tidak masalah, namun kalau ukuran file nya besar ya harus menunggu lama. Maka dari itu tidak terlalu efektif jika digunakan di satu ruang lalu teman lain ingin meminta file tersebut.
  • Hasil gambar untuk banyak biayaJika ingin menambah daya tampung harus membayar

 

 

 

Digital storage

Pada dasarnya digital storage dengan cloud storage adalah hal yang sama, namun dalam segi bentuk, digital storage dan cloud storage sangat berbeda jauh, bisa dibilang digital storage adalah pendahulu dari cloud storage, digital storage masih berupa barang yang mempunyai wujud fisik seperti hard disk, flash disk, cd, dvd, dan lain lain. Lain halnya dengan cloud storage yang berupa penyimpanan virtual, tidak bisa kita lihat fisiknya namun bisa kita akses datanya.

Perbandingan antara cloud storage dengan digital storage biasa

Hasil gambar untuk digital storage Hasil gambar untuk VERSUS Hasil gambar untuk digital storage

 

Hal Cloud storage Digital storage
skalabilitas Cloud storage sudah menyediakan kapasitas gratis sebesar kira kira 5GB, namun jika ingin menambah maka kita harus membayar perbulan sesuai harga yang sudah ditentukan. Jika kita ingin menyimpan data maka kita harus membeli dahulu perangkat penyimpanan data (eksternal) namun di dalam komputerpun sudah terdapat perangkat penyimpanan data berupa hard disk internal.
keamanan Data data yang kita upload di cloud bisa saja di curi oleh orang orang yang membutuhkan data data yang kita simpan di cloud. Data tidak bisa dicuri karena jika ingin melihat maka kita harus membuka melalui komputer yang terdapat datanya disitu.
Aksesbilitas Kita membutuhkan koneksi internet untuk membuka file yang telah kita simpan di cloud, namun kita bisa merasa enak saat kita ingin membagikan file tersebut kepada orang yang jauh, orang tersebut hanya tinggal klik klik lalu download Kita bisa dengan  mudah membuka file yang tersimpan dalam digital storage kita, namun untuk membaginya dengan orang lain yang jauh akan sangat susah, kita harus mengunggahnya dulu agar bisa di download oleh orang lain tersebut.
kepraktisan Data yang kita simpan di cloud bisa kita buka dengan mudah dan dimana saja asalkan perangkat kita terkoneksi dengan internet, bisa melalui smartphone dll. Kita harus membawa media penyimpanan tersebut jika kita ingin membuka file yg kita simpan, misal disimpan di leptop, maka jika kita ingin membuka file tersebut ya harus membawa leptop itu.

sumber :

https://rob252.wordpress.com/2015/10/20/pilih-flashdisk-atau-cloud/https:

//www.maxmanroe.com/cloud-storage-teknologi-penyimpanan-digital-masa-kini-2.html

sumber gambar :

www.quickenloans.com

www.theregister.co.uk

comicvine.gamespot.com

 


Copyright 2021. All rights reserved.

Posted September 11, 2016 by hamdan.akbar in category "Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.